Pusat Grosir Aksesoris Kayu Stigi Asli: Tasbih, Gelang, Pipa Rokok, Cambuk dll. HUB: 0821 4090 7203 (TELPON), 0838 3237 9023 (SMS), PIN BB 27A9FD98/ HUSAIN

Tentang Kayu Stigi



Setigi (stigi) adalah salah satu kayu magis/kayu bertuah yang paling populer. Bahkan sebagian masyarakat kita menganggapnya sebagai “Raja Kayu Bertuah”. Kayu yang memiliki karakter keras, kuat dan dinamis ini ada 2 jenis yaitu setigi laut dan setigi darat.

Setigi Laut biasa tumbuh di daerah pesisir pantai,warnanya coklat tua dan semakin lama tersentuh tangan maka warnanya akan semakin tua/coklat kehitam-hitaman.Setigi laut muda warnanya putih agak kekuning-kuningan tapi lama kelamaan akan berubah coklat tua.

Setigi darat warnanya hitam dan semakin lama akan semakin hitam.Karena dihimpit benda keras setigi darat memiliki serat/tekstur lebih kasar atau tak merata (belang) karena tumbuh di tanah tandus dan berbatu.Setigi darat kebaradaannya sudah sangat langka.Pulau bengkoang dan pulau kembar di kepulauan karimun jawa Jepara merupakan pulau penghasil setigi terbaik di indonesia.

Kesamaan kedua setigi ini,sama-sama tenggelam jika dimasukkan pada air (walau secuil) di laut kayu ini akan tenggelam sampai kedasar paling bawah. Jika ditempelkan bagian tubuh yang tergigit atau tersengat binatang berbisa (ular, kalajengkling, kelabang, dll.) dapat melekat kemudian menghisap bisa yang berada di dalam tubuh korban hingga habis dan Setigi terlepas dari kulit dengan sendirinya. Di sisi lain, kayu Setigi jika berada di tangan orang yang berprilaku baik, dapat menjadi “pembangkit” kekuatan spiritualnya.

konon kayu setigi ini digunakan sunan nyamplungan untuk memukul ular edor yang menggigitnya pada saat mengadakan perjalanan dihutan sehingga sunan Nyamplungan karimun jawa menjadi marah dan bersabda,akhirnya ular edor menjadi rabun.sampai sekarang kayu setigi masih bisa ditemukan di kepulauan karimun jawa Jepara.

Sejak zaman dulu, kayu Setigi sudah banyak dimanfaatkan terutama oleh para jawara agar “tahan pukul” dan memperkuat pukulan. Dan istimewanya, meskipun sudah terjadi pergeseran orientasi hidup di zaman modern ini, setigi tetap populer meskipun untuk pemanfaatan yang berbeda. Pada saat ini aura setigi lebih difungsikan orang untuk meningkatkan daya kharisma dan wibawa terutama bagi para pemimpin.

Fungsi Kayu Setigi diyakini untuk :

* Menguatkan dan membantu menyembuhan gangguan Rheumatik
* Meningkatkan kharisma diri
* Kewibawaan
* Selamat dari niat jahat, sihir
* Penyedot racun hewan berbisa
* Kekebalan bagi yang cocok

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar